Strategi Digital Marketing bagi Pelaku Usaha

Setiap pelaku usaha saat ini mau tidak mau harus mengikuti zaman. Salah satunya dengan memanfaatkan digital marketing untuk mencapai pertumbuhan yang optimal. Berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan pada suatu bisnis.

1. SEO

Search Engine Optimization atau SEO merupakan upaya untuk mengoptimasi website suatu bisnis untuk mudah ditemukan pada halaman pencarian. Sebuah website akan lebih mudah ditemukan di halaman pencarian Google dengan menerapkan teknik SEO on page dan off page. Harus dipahami juga bahwa strategi SEO membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Content Marketing

Penerbitan konten pada website bisnis sangat penting untuk memaksimalkan transaksi. Konten yang dibuat bukan konten sembarangan. Distribusi konten harus relevan dengan jenis produk yang dijual di website. Selain itu, konten yang ditampilkan juga harus dipikirkan penting atau tidaknya bagi audience. Hal terakhir yang perlu diperhatikan yakni konsistensi pembuatan konten, karena hasil bisa dilihat dalam waktu 2 sampai 4 bulan.

Saat ini, konten pada website yang dibarengi dibarengi dengan softselling masih cukup kuat pengaruhnya. Perlu keahlian yang mumpuni untuk membuat sebuah tulisan artikel yang berkualitas dan menyihir pembaca untuk membeli produk. Bila pemilik bisnis tidak memiliki waktu, ada alternatif lain dengan menggunakan jasa penulis artikel dengan tujuan pemasaran.

3. Email Marketing

Beberapa orang beranggapaan bahwa email marketing bisa mengganggu konsumen. Email marketing dinilai lebih efektif untuk memperoleh konsumen karena promosi langsung tertuju pada target potensial. Promo biasanya berupa potongan harga atau diskon pada produk tertentu.

4. Social Media Marketing

Pemasaran melalui media sosial memang dinilai cara paling mudah dan murah. Namun, dalam menjalankan bisnis tidak bisa sembarang posting foto, video, dan konten lain. Setiap konten yang akan dikeluarkan pada media sosial harus sesuai strategi yang telah disusun. Pastikan konten bersifat penting, relevan, dan dilakukan secara konsisten.

5. Landing Page

Halaman sales atau landing page menjelaskan suatu produk yang ditawarkan kepada kosumen. Strategi ini penting untuk mengetahui bahwa setiap trafik yang diperoleh dikonversikan menjadi penjualan. Landing page harus bisa menjelaskan produk dengan sangat singkat dan membuat orang menyetujui dengan apa yang diminta.

Ada banyak strategi marketing yang bisa diterapkan oleh pelaku usaha. Ambillah salah satu atau beberapa strategi yang sesuai dengan karakter audience bisnis. Perlu diketahui juga bahwa penerapan digital marketing pada bisnis memerlukan waktu, konsisten adalah kunci.