Serunya Menyusuri Candi Buddha Paling Populer Di Yogyakarta

Paket Tour Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak candi-candinya yang ada di beberapa kawasan seperti di Kecamatan Prambanan dan Kalasan. Pada era Kerajaan Mataram Kuno banyak dibangun candi yang menandakan kemasyuran mereka. Candi-candi tersebut selain sebagai tempat ibadah juga sebagai bukti betapa besarnya kerajaan yang berdiri di abad ke-7 ini. Pada masa Mataram Kuno agama yang banyak dianut adalah agama Hindu dan Buddha sehingga candi-candi yang dibangun pun merupakan candi dari kedua agama tersebut. Walau bukan agama resmi, tetapi candi-candi Budha banyak dibangun di kawasan ini. Candi-candi Buddha tersebut berlokasi di beberapa tempat dan lokasinya tak jarang dekat dengan candi Hindu. Hal tersebut membuktikan bahwa pada era tersebut masyarakatnya sudah menjunjung tinggi toleransi. Saat ini candi-candi tersebut telah yang menjadi objek paket tour Jogja yang populer di Jogja. Apa saja candi Buddha yang sangat populer? Berikut penjelasan singkat dari kami: 

  1. Candi Borobudur

Candi dalam urutan pertama adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur adalah candi Buddha paling terkenal yang ada di Indonesia. Candi ini dibangun pada abad ke 8 masehi merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Kemasyuran dari candi ini sangat mendunia karena terdaftar sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Setiap harinya ribuan pengunjung datang untuk menyaksikan kemegahan dari candi ini. Di sini wisatawan bisa menyaksikan sebuah bangunan yang megah yang dihiasi oleh relief-relief yang indah dan penuh makna.

  1. Candi Sewu

Di urutan kedua ada Candi Sewu. Candi ini masih satu komplek dengan Candi Prambanan dan jaraknya hanya sekitar satu km di sebelah utara Candi Prambanan. Candi yang satu ini memang tidak sepopuler Candi Prambanan namun wisatawan banyak yang singgah ke Candi Sewu sehabis mengunjungi Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke 7 dan menjadi candi resmi kerajaan Mataram Kuno bagi umat Buddha.  Di komplek ini terdapat sebuah candi utama yang terdiri dari beberapa ruangan. Candi utama tersebut dikelilingi oleh candi-candi kecil lainnya yang menambah pesona dari candi ini.

  1. Candi Mendut

Candi Buddha berikutnya adalah Candi Mendut. Candi ini terkenal dengan patung Buddha raksasanya. Candi Mendut berlokasi di pinggir Jalan Raya Borobudur dan ada di utara Candi Borobudur. Oleh sebab itu banyak wisatawan singgah untuk menyaksikan pesona candi ini. Walau hanya berukuran kecil, candi ini memiliki peran penting bagi umat Buddha khususnya saat hari raya Waisak.

Demikianlah informasi mengenai candi-candi Buddha yang terkenal di Yogyakarta. Masih banyak candi Buddha populer lainnya yang akan dibahas dilain kesempatan. Semoga informasi diatas bisa menjadi tambahan referensi bagi wisatawan yang menikmati paket tour Jogja.