Resistance Band, Alat Fitness yang Praktis dan Berguna

Resistance Band atau band resistensi merupakan satu alat fitness yang digunakan untuk memperkuat otot setelah cidera ataupun digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Alat fitness ini memiliki beberapa manfaat yaitu harganya yang murah. Kamu tentu ingin memiliki alat fitness yang tidak menghabiskan banyak uang. Dalam kondisi seperti ini, kamu bisa memilih band resistensi yang bisa kamu dapatkan dengan harga kurang dari dua ratus ribu rupiah. Kamu bisa mendapatkan 4 tipe band resistansi yang tersedia dalam satu set. Tentu saja, alat fitness ini sangatlah murah jika dibandingkan alat fitness lain yang harganya bisa mencapai jutaan.

Selain itu, band resistensi juga praktis untuk dibawa kemana-mana. Kamu bisa membawanya saat kamu bepergian. Sehingga, kamu bisa tetap berolahraga dimanapun kamu berada. Selain itu, berat resistansi juga cukup ringan. Sehingga, alat fitness ini tidak akan memakan tempat yang terlalu luas. Hal ini tentu saja akan membantumu untuk menyimpan banyak ruang untuk barang lain. Selain itu, band resistensi ini juga bisa disimpan di kantong tas. Sehingga bisa disimpan dengan mudah. Band resistansi juga didesain dengan berat dan warna yang berbeda. Sehingga, jika kamu ingin membawa salah satu band resistansi untuk dibawa saat travelling. Kamu juga bisa memilihnya berdasarkan warna yang kamu sukai. Sementara itu, jika kamu di rumah, kamu bisa memilih berbagai macam band resistansi sesuai dengan berat yang ada. Alat fitness ini juga dapat digunakan untuk melatih berbagai macam otot tubuh baik tubuh bagian bawah maupun atas seperti otot perut, tangan, kaki, betis, paha, bahu, dll. Selain itu, band resistensi juga efektif digunakan untuk membentuk otot yang cidera.

Band resistensi tersedia dalam berbagai macam ukuran dan bentuk. Kamu bisa memilih ukuran dan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, kamu bisa memilih bentuk tube. Bentuk ini merupakan salah satu bentuk band resistensi yang paling sering dijual di rumah. Band resistensi jenis ini memiliki bentuh seperti tabung. Selain itu, ukuran dari band resistansi ini juga agak tebal. Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan ukuran yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur seberapa besar kekuatan beban yang kamu ingin gunakan. Caranya kamu bisa mengikat atau menahannya. Kamu juga bisa menggunakan tipe flat. Tipe ini dibuat dari karet yang didesain dengan permukaan datar, syal panjang dan lebar. Kamu bisa menyesuaikan tipe flat ini berdasarkan bobot yang kamu inginkan. Hal yang perlu kamu perhatikan dari tipe flat ini adalah permukaan band yang gampang sobek terkena gesekan. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan band resistensi ini dengan baik.

Kamu juga bisa menggunakan band resistensi tipe loop. Tipe ini dibentuk seperti cincin. Sehingga, band resistansi tipe loop ini lebih cocok digunakan oleh pemula karena mudah digunakan dibandingkan tipe band resistansi yang lain. Bagaimana cara menggunakannya? Kamu bisa menggunakan tipe loop ini dengan memasukkan lengan atau kaki ke dalam band resistansi ini. Selain itu, tipe loop juga memudahkanmu untuk melakukan berbagai macam gerakan seperti pull up. Dari berbagai macam tipe band resistansi ini, kamu bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan. Bagi seorang pemula, tipe loop lebih direkomendasikan. Akan tetapi, jika kamu seorang ahli fitness yang profesional, kamu bisa memilih tipe tube atau flat.