Mengulik Teknologi Game yang Semakin Terasa Nyata

Jika ditanya apa persamaan perkembangan video game dengan perjalanan hidup, maka jawabannya adalah sama-sama semakin realistis. Sebab teknologi saat ini memungkinkan anda bermain game jadi semakin terasa nyata.

Salah satu perkembangan terbaru dari dunia video game yaitu VR haptic vest. Apabila headset Virtual Reality (VR) bisa membuat kita melihat 360 derajat dalam video game. Maka haptic vest memungkinkan kalian menikmati sentuhan dan serangan dari lawan di video game.

Teknologi ini akan memberikan stimulus dari perangkat yang terpasang di semua tubuh, sehingga akan dapat merasakan sensor nyata (full body immersion), tidak saja dari stimulus visual semata. Contohnya saat main tembak-tembakan dan salah satu peluru terkena badan maka hal yang sama juga akan dirasakanĀ  badan kita.

Nah beberapa hari kemarin, tim kamiĀ  kebetulan mendapat peluang menjajal video game yang menggunakan teknologi haptic virtual reality besutan Sandbox VR X CoHive.

Sebelum dapat merasakan keseruan game tiga dimensi, kami diwajibkan mengenakan perangkat sensor yang dinamankan motion tracker. Berbentuk seperti gelang yang cukup asing untuk kami. Alatnya terdiri dari 4 buah. Dua buah dipasang di pergelangan tangan dan duanya lagi di pergelangan kaki. Sensor ini dipakai untuk mendeteksi gerakan saat sudah berada dalam dunia video game.

Setelah memasuki ruang bermain, barulah kami dipakaikan haptic vest yang di dalamnya banyak sensor. Tak lupa perlengkapan VR Headgear yang kami kenakan di kepala.

Untuk dapat memainkan permainan itu kami juga diwajibkan menggendong tas yang adalah mesin dari game tersebut. Karena dimainkan nonstop, alat itu terasa hangat di punggung sebab sebelumnya sudah ada beberapa peserta yang bermain sebelum kami.

Setelah semua alat sukses dipasang, kami mulai memasuki dunia tiga dimensi virtual reality. Kami benar-benar telah masuk dalam suatu video game. Di sana kami benar-benar seperti memakai pakaian robot yang beberapa bagiannya bisa menyala-nyala. Dan akhirnya kami langsung mulai saja peperangan dengan zombie.

Dari awal memasuki dunia Video Game sudah cukup mengesankan. Karena perangkat yang dipakai oleh Sandbox VR ini mengombinasikan teknologi real time motion capture, yang dapat menangkap gerakan semua pemain secara aktual. Dan yang sangat keren, dapat merasakan sensor nyata pada tubuh tidak saja dimanjakan dari visual saja.

Apabila selama ini anda bermain video game hanya menggunakan dua dari lima indera yaitu penglihatan dan pendengaran, maka dengan adanya teknologi ini membuat saya dan anda bisa mengaktifkan indera lain yaitu sentuhan. Manusia sebagai makhluk yang berpusat pada visual, seringnya tidak bisa berhenti untuk mempertimbangkan alangkah luar biasa indera sentuhan anda sebenarnya.