Manfaat Batu Bara

Keuntungan batu bara yang paling terkenal dan sering didengar adalah pemrosesan energi listrik. Mengingat bahwa batubara adalah sumber yang sangat andal dan terjangkau untuk pembangkit listrik, ini tidak mengherankan.

Indonesia juga memiliki sejumlah besar batubara yang tersedia, sehingga penggunaan batubara menjadi semakin penting bagi semua orang. Meluasnya penggunaan batubara di banyak industri sangat menguntungkan.

Manfaat Batu Bara

Ini adalah alasan utama mengapa sulit bagi kita untuk menghilangkan kecanduan batubara.
Apakah berlian benar-benar terbuat dari batu bara?
5 momen langka salju di tambang Papua
Dari pemanasan hingga memasak, manfaat batu bara juga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, Anda perlu memahami berbagai manfaat menggunakan batubara ini dalam hidup Anda.

Baca Juga :
Batu Cincin Mulia
Batu Sungai Dareh Kuning Sumatra berkhodam

Setelah Liputan6.com dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (22/9/2009) berbagai manfaat batubara.

Sebelum membahas beberapa manfaat batubara, yang terbaik adalah memahami jenis batubara. Secara umum, manfaat batubara juga bervariasi berdasarkan jenisnya.

Batubara bitumen

Batubara aspal adalah batubara yang paling banyak digunakan dan lebih mudah diperoleh, peringkat batubara ini lebih tinggi dari lignit, tetapi lebih rendah dari antrasit. Batubara jenis ini terutama digunakan untuk produksi kokas, listrik dan uap.

Karakteristik batubara ini:

-Cahaya hitam, tidak cukup kompak.
-Nilai kalor tinggi, kadar karbon tinggi.
– Kadar air rendah.
-A abu kecil.
-Kadar belerang rendah.

Antrasit

Batubara jenis ini memiliki kandungan karbon tertinggi, adalah batubara, memiliki kadar air terendah, dan merupakan bahan bakar yang baik untuk pemanasan. Batubara ini digunakan untuk pembangkit listrik dan merupakan batubara dengan kualitas terbaik.

Fitur antrasit meliputi:

-Hitam sangat mengkilap dan kompak
-Nilai kalor tinggi, kandungan karbon tinggi
-Sangat sedikit air
Abu kecil
-Kadar belerang yang sangat rendah.

Tar batubara

Ketika memurnikan batubara, residu yang disebut tar batubara diproduksi, yang merupakan padatan cair hitam. Tar batubara dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti perawatan rumah dan bangunan dan pembuatan kain. Bahan ini banyak digunakan untuk membuat bangunan tahan air, isolasi bangunan, cat, kain, sampo dan sabun.

Seperti kita ketahui, manfaat batu bara terletak pada menghasilkan listrik. Selain Indonesia, batubara adalah bahan bakar utama untuk pembangkit listrik di banyak negara, seperti Cina, India, Australia, Jepang, Jerman, dan beberapa negara lainnya.

Produksi gas

Batubara adalah salah satu energi yang dapat dihasilkan oleh produk gas. Gas alam yang bisa lepas berasal dari batu bara yang masih di bawah tanah. Batubara di tanah dapat langsung menghasilkan gas alam. Selain itu, gas alam yang dihasilkan dari batubara bersih akan diproses di lokasi penambangan dan dapat berupa berbagai produk, seperti untuk bahan bakar industri, pembangkit listrik gas alam, dan produk hidrogen dan diesel. Oleh karena itu, keunggulan batubara berikutnya adalah produksi produk gas alam.

Manfaat batubara untuk industri

Keunggulan lain dari batubara adalah salah satu bahan bakar yang mendukung industri aluminium. Bahan ini dapat diperoleh sebagai produk sampingan dari proses oksidasi besi di industri baja.

Beberapa produk baja dapat memisahkan gas batubara dan panas kokas dari batubara, yang dapat menghasilkan produk-produk aluminium untuk berbagai industri seperti pertanian, peralatan dapur, konstruksi dan industri lainnya.

Bantuan untuk industri baja

Keuntungan berikutnya dari batubara adalah bantuan industri baja. Baja adalah bahan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Baja dapat menghasilkan berbagai jenis barang yang dapat membantu kehidupan sehari-hari masyarakat, seperti peralatan medis, peralatan pertanian, peralatan transportasi, dan bahkan mesin rumah.

Bahan bakar cair

Selain itu, keunggulan lain dari batubara adalah bahan bakar cair. Minyak adalah bahan bakar yang dibutuhkan banyak orang, dan jika digunakan dengan tidak tepat, cadangan minyak akan cepat habis.

Ternyata batu bara juga bisa digunakan sebagai bahan bakar cair dan bisa menggantikan bahan bakar minyak. Pada dasarnya, konversi batubara menjadi bahan bakar cair akan menghasilkan penggantian batubara bubuk atau benjolan, yang kemudian akan larut pada suhu tinggi.

Bantuan untuk industri semen

Selain itu, manfaat batu bara juga terbukti sebagai bahan untuk produk pertanian atau pekerjaan pemindahan tanah.