Manfaat Ampas Kopi

Apakah Anda suka minum kopi? Apa yang biasanya Anda lakukan dengan ampas kopi yang tersisa? Itu harus selalu diabaikan dan dibuang? Mungkin Anda berpikir bahwa ampas kopi yang tersisa tidak dapat dikonsumsi lagi. Padahal, ampas kopi memiliki manfaat tak terduga.

Kesenangan secangkir kopi tidak bisa lagi disangkal. Baik kopi dengan campuran susu atau kopi hitam sederhana hanya ditambahkan ke gula.

Bahkan bagi sebagian orang, kopi hitam sederhana ini lebih enak daripada kopi dengan beragam bahan campuran. Makan secangkir kopi hitam sering meninggalkan bekas atau bubuk kopi yang mengendap di bagian bawah cangkir.

Ampas kopi yang tersisa biasanya dibiarkan begitu saja atau bahkan terbuang dengan air ketika gelas dicuci. Padahal ampas kopi ini menyimpan beragam manfaat, baik untuk kesehatan maupun manfaat lainnya.

1. Menghilangkan Bau Bawang di Tangan

Bagi ibu rumah tangga yang memasak sehari-hari, mereka tentu akrab dengan masalah bau bawang yang sering membekas di tangan setelah mengupas atau memotong bawang. Aroma bawang di tangan ini memang cukup mengganggu.

Namun masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan ampas kopi. Aroma kopi telah terbukti efektif menghilangkan bau tak sedap, termasuk bau bawang.

Anda melakukan ini dengan mengambil beberapa ampas kopi lalu gosok dengan lembut pada telapak tangan, di antara jari dan kuku sampai bau bawang mulai menghilang. Jika demikian, tangan dapat dibilas dengan air sampai bersih.

2. Menghilangkan Bau di Lemari Es

Selain bisa menghilangkan bau bawang di tangan, ampas kopi hasil dari mesin kopi juga bisa menghilangkan bau tak sedap yang sering ditemukan di lemari es. Manfaat ampas kopi yang satu ini tidak diragukan lagi kebenarannya. Meski butuh beberapa hari untuk sepenuhnya menghilangkan bau tak sedap di lemari es.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba, Anda dapat mengambil beberapa bubuk kopi dan kemudian menaruhnya di gelas atau kaleng kaca. Biarkan terbuka dan letakkan di sisi pintu kulkas atau di dalam kulkas. Setelah beberapa hari, bau tidak enak di lemari es akan berangsur-angsur hilang. Anda juga bisa menghirup aroma kopi setiap kali membuka kulkas.

3. Membersihkan kerak pada panci dan wajan

Manfaat lain dari ampas kopi juga dapat digunakan untuk membersihkan kerak yang membandel di panci atau wajan. Ini karena tekstur bubur kopi yang cukup kasar dapat dengan mudah menggosok dan membersihkan kotoran membandel yang ditemukan di wajan atau wajan.

Metode ini dapat dilakukan dengan membiarkan bubuk kopi mengering terlebih dahulu. Saat sudah kering, ampas kopi bisa ditaburkan di panci atau wajan yang kering.

Lalu, gunakan selembar kain untuk menggosoknya. Berikan tekanan yang cukup kuat untuk menghilangkan kotoran berkerak. Jika terasa bersih, panci dan wajan bisa dibersihkan lagi dengan sabun dan dibilas dengan air.

4. Menghilangkan Bau pada Sepatu

Sepatu cepat berbau? Tentu ini masalah bagi Anda atau orang-orang di sekitar Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba menggunakan ampas kopi yang sudah Anda minum. Caranya, keringkan pulpa hingga benar-benar kering, lalu masukkan ke dalam tisu. Setelah itu, masukkan tisu ke dalam sepatu dan biarkan semalaman. Kemampuan kopi untuk menyerap bau akan membuktikan keajaibannya.

Ternyata manfaat ampas kopi ada banyak, tidak hanya berfungsi sebagai makanan saja. malau punya ampas kopi hasil gilingan mesin kopi jangan langsung dibuang ya. bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam manfaat yang berguna bagi kehidupan sehari hari.