Jenis Kertas untuk Mesin Percetakan Undangan

Jenis Kertas untuk Mesin Percetakan Undangan

Ketika Anda akan menggelar sebuah acara atau hajatan, undangan menjadi salah satu item yang wajib ada. Karena kebutuhan akan kartu undangan semakin meningkat, maka mendorong perkembangan mesin percetakan undangan dan pelaku bisnis untuk memanfaatkan peluang ini. Ada dua tipe mesin yang digunakan untuk cetak undangan, yaitu mesin offset dan digital printing.

Mesin cetak offset sendiri banyak digunakan untuk cetak buku atau brosur, karena kemampuannya dalam menghasilkan output yang lebih berkualitas dibandingkan mesin digital printing. Selain mesin cetak yang digunakan, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini untuk mengetahui jenis-jenis kertas apa saja yang biasa digunakan untuk kartu undangan:

Jenis Kertas Untuk Mesin Percetakan Undangan

1.   Kertas Art Paper

Kertas art paper memiliki permukaan yang halus dengan efek glossy. Tidak hanya digunakan untuk cetak kartu undangan saja, kertas art paper juga biasanya digunakan untuk pembuatan kalender gantung.

Meski kertas jenis ini lebih banyak digunakan untuk lapisan luar atau bagian dalam hard cover undangan, namun banyak juga yang menggunakannya sebagai badan atau isi undangan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna dan terlihat lebih mewah, undangan dari kertas art paper ini bisa dilaminasi dengan UV, doff, atau glossy.

2.   Kertas Art Carton

Kertas art carton memiliki karakteristik yang hampir sama seperti kertas art paper, namun yang berbeda adalah gramaturnya karena sedikit lebih tebal dibanding art paper. Kertas jenis ini lebih banyak digunakan untuk mencetak product tag dan sejenisnya, meskipun banyak juga yang memilih kertas jenis ini sebagai kartu undangan.

3.   Kertas Matt Paper

Jenis kertas yang satu ini paling banyak digunakan untuk kartu undangan dan sangat cocok untuk mesin percetakan undangan, karena cepat menyerap tinta. Jika dilihat sekilas, kertas matt paper ini hampir sama seperti kertas art paper. Hanya saja, dibandingkan dengan art paper, kertas matt paper ini tidak memiliki warna yang mengkilap (glossy).

4.   Kertas Ivory

Ivory merupakan jenis kertas hasil perpaduan antara kertas matt paper, art carton, dan art paper. Jika dipadukan dengan desain yang unik, undangan dari kertas jenis ini akan terlihat sangat bagus, unik, dan elegan.

5.   Kertas Jasmine

Kertas jenis ini memiliki glitter dan cocok dijadikan sebagai undangan pernikahan untuk memberikan kesan mewah. Namun, kertas ini tidak bisa melalui proses pencetakan menggunakan mesin percetakan undangan, baik tipe offset maupun digital. Pasalnya, permukaan kertas bertekstur, sulit menyerap tinta, dan proses cetak hanya bisa dilakukan dengan teknik emboss atau deboss saja.

Harga Cetak Undangan

Harga yang dipatok untuk cetak undangan sangat variatif, tergantung pada model, desain, dan kertas yang digunakan. Untuk kisaran harganya, mulai dari Rp1.500,00 hingga Rp15.000,00 per lembar. Ada beberapa macam undangan, mulai dari yang standar seperti soft cover dan hard cover hingga undangan unik dan antimainstream, seperti undangan gulung, kipas, kalender, dan lain-lain.

Only Print hadir sebagai pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari percetakan berbasis online berkualitas dengan harga terjangkau. Anda cukup melakukan pemesanan produk melalui kontak Whatsapp dan pengiriman file melalui email kami, maka segala kebutuhan cetak yang Anda butuhkan dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, dan efisien.