Hanya Keluar Angin dan AC Mobil Tidak Dingin, Inilah Cara Mengatasinya

Berkendara dengan menggunakan mobil di siang hari tentu saja keberadaan AC sangat dibutuhkan untuk menunjang kenyemanan saat berada di perjalanan. Namun hal yang paling menyebalkan adalah saat kita sedang berkendara di siang hari, namun secara tiba-tiba AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angina saja. Tentu saja hal seperti itu akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman karena udara panas yang membuat seluruh isi mobil merasa gerah.

Kondisi yang membuat AC mobil menjadi tidak dingin itu umumnya terjadi karena filter kabin yang kotor. Penumpukan debu dan juga kotoran yang terjadi pada filter kabin AC mobil ini dapat membuat sirkulasi udara menjadi terhambat. Oleh sebab itu anda harus menggantu filter kabin secara rutin di setiap jarak 10.000 km atau dalam jangka waktu 3-6 bulan. Hal tersebut dapat mengantisipasi kondisi AC mobil yang tidak dingin.

Evaporator adalah komponen yang sering kali bermasalah pada mobil. Fungsi dari filter kabin AC mobil sendiri sangatlah penting dalam menyaring debu dan kotoran supaya tidak masuk ke komponen tersebut. Namun tak semua tipe mobil memiliki filter kabin pada AC mobil. Beberapa tipe mobil bisa dipasang housing untuk menambahkan filter kabin pada AC Mobil.

Namun anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan jasa service AC mobil yang terpercaya sebelum memasang filter tambahan pada AC mobil anda. Konsultasi ini perlu dilakukan agar anda bisa mengetahui tipe mobil yang anda gunakan bisa dipasang housing untuk filter tambahan atau tidak. Karena ada beberapa tipe mobil yang tidak bisa dipasangi housing. Oleh sebab itu lakukan konsultasi terlebih dahulu pada orang yang professional untuk penanganan yang lebih baik.