Cara Menyewa Sepeda di Korea Selatan

Korea Selatan adalah salah satu negara yang selalu menjadi tujuan wisata banyak orang. Hal ini membuat banyak agen perjalanan yang menyediakan paket wisata ke luar negeri dan memasukkan Korea Selatan dalam daftarnya. Terdapat beberapa cara mengelilingi dan menikmati keindahan negara tersebut, mulai dari berjalan kaki, bus, kereta, hingga menyewa sepeda. Berbicara tentang sepeda, di Korea Selatan, Anda dapat menyewa sepeda dengan mudah.

Pemerintah Metropolitan Seoul meluncurkan layanan berbagi sepeda publik pada tahun 2015 yang disebut Seoul Bikes (“Ddareungi” dalam bahasa Korea). Fasilitas tersebut dirancang untuk menjadi layanan sewa yang beroperasi sendiri yang dapat digunakan dengan nyaman oleh siapa pun. Hari ini di Seoul, ada lebih dari 150 stasiun sewa yang berpusat di lima area kota (Yeouido, Sangam, Sinchon, 4 Great Gates area, dan Seongsu). Saat ini ada 2.000 Sepeda yang tersedia untuk pengguna, dengan rencana untuk memperluas proyek di tahun-tahun mendatang. Seoul Bikes adalah cara yang bagus untuk mengelilingi negara tersebut ketika melakukan liburan dan Anda tidak ingin menaiki bus atau kereta.

Cara menyewa sepeda di Korea Selatan

  1. Kunjungi situs web resmi untuk Seoul Bikes disini.
  2. Daftarkan dan buat akun.
  3. Kemudian kode 4 digit akan dihasilkan; ingat kode yang Anda perlukan untuk penyewaan sepeda.
  4. Daftarkan kartu T-money atau M-Pass Anda menggunakan nomor kartu 16 digit di bagian belakang *.
  5. Beli voucher sewa di situs web. Anda dapat membeli voucher Anda sebelum kedatangan di Korea karena dimungkinkan untuk membeli voucher sewa di luar negeri.
  6. Pergi ke stasiun penyewaan Seoul Bike! Gunakan terminal yang terpasang pada sepeda untuk memulai proses penyewaan. Sentuh kartu T-money atau M-Pass pra-terdaftar Anda ke terminal dan masukkan kode 4 digit Anda.

* T-Money: T-money adalah kartu transit yang dapat digunakan untuk naik bus Seoul dan sistem kereta bawah tanah. Hanya kartu T-money yang berfungsi secara nasional (yaitu semua kartu T-money yang dibeli setelah 2015) dapat digunakan untuk menyewa Sepeda Seoul.
* M-Pass: M-Pass adalah kartu transportasi khusus untuk orang asing di Korea.

Pemberitahuan penggunaan

  • Pengendara harus berusia lebih dari 15 tahun atau lebih untuk menggunakan Sistem Penyewaan Sepeda Seoul.
  • Sistem Penyewaan Sepeda Seoul terbuka untuk digunakan selama 24 jam sehari.
  • Tiket satu hari memiliki harga 1.000 won dan tiket 7 hari adalah 3.000 won.
  • Meskipun sepeda dapat digunakan sepanjang periode sewa, mereka harus dikembalikan ke stasiun penyewaan (stasiun penyewaan Seoul Bike) setiap 60 menit. Pengembalian yang terlambat dikenakan biaya tambahan 1.000 won per 30 menit setelah periode sewa dasar 60 menit. Sewa yang tidak dikembalikan dalam waktu empat jam dari waktu sewa asli akan dianggap dicuri dan dilaporkan ke polisi.
  • Diperlukan deposit 50.000 won untuk menyewa Sepeda Seoul. Deposit dapat dikembalikan. Setelah periode sewa Anda berakhir, deposit akan dikirim ke kartu Anda dalam waktu 24 jam. (Harap dicatat bahwa perusahaan kartu kredit Anda mungkin memerlukan waktu lebih dari 24 jam untuk mengembalikan uang ke akun Anda.) Jika sepeda tidak dikembalikan dalam waktu 24 jam setelah masa sewa berakhir, setoran secara otomatis akan dibatalkan.

Itulah cara menyewa sepeda di Korea Selatan yang dapat Anda jadikan referensi. Menyewa sepeda adalah salah satu cara termudah untuk mengelilingi keindahan negara tersebut ketika liburan dan pastinya Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda.