Cara Membuat Halaman Skripsi Atas Bawah Di Word 2010

Cara Membuat Halaman Skripsi Atas Bawah

Skripsi, bukan hanya isinya yang dituntut untuk memenuhi standar minimal kelulusan. Format penulisannya pun harus mengikuti ketentuan yang biasanya sudah diatur oleh pihak kampus.

Salah satu format penulisan yang diatur dalam skripsi adalah format penomoran halaman. Kalau biasanya pada artikel biasa atau buku, nomor halaman dibuat satu format, kalau dalam skripsi biasanya beda format.

Maksud Beda Format Nomor Halaman di Word ?

Yang dimaksud beda format di artikel ini adalah:

Beda jenis angka : Yaitu biasanya pakai angka romawi kecil (i,ii,iii…) dan angka biasa (1,2,3…)

Beda peletakan posisi nomor halaman : Pada bagian bab, biasanya halaman awal tiap bab posisi nomor halamannya beda dengan posisi nomor halaman isi dari bab tersebut.

Baca Selengkapnya artikel terkain cara penomoran halaman di microsoft word bisa Anda baca di PakarDokumen.com, CLICK HERE.

Sekilas Isi Sebuah Skripsi (Secara Umum)

Isi dari sebuah skripsi, biasanya tersusun dari bagian-bagian seperti berikut:

  1. HALAMAN COVER (JUDUL)
  2. HALAMAN PENGESAHAN
  3. KATA PENGANTAR
  4. DAFTAR ISI
  5. HALAMAN ABSTRAK
  6. Bab I Pendahuluan
  7. Bab II Tinjauan Literatur
  8. Bab III Metode Penelitian
  9. Bab IV Pembahasan
  10. Bab V Penutup
  11. HALAMAN DAFTAR PUSTAKA
  12. HALAMAN LAMPIRAN

Perhatikan kerangka dasar/ bagian-bagian utama sebuah skripsi seperti di atas…

Untuk penomoran halaman,  no.1 (Hal. Cover) biasanya tidak diberi nomor halaman.

Selanjutnya untuk no. 2 (Hal. Pengesahan) sampai no.5 (Hal. Abstrak), format penomoran halaman pakai angka romawi kecil dan posisi nomor halamannya ada di bagian footer (bawah) – tengah. Lihat contohnya di bawah.

Format penomoran halaman skripsi untuk isi skripsi, mulai dari Bab I (Pendahuluan) hingga Bab V (Penutup), biasanya pakai nomor angka biasa (1,2,3..).

Terus untuk tiap awal Bab, nomor halaman posinya di bawah – tengah. Dan halaman berikutnya di atas kanan. Lihat contohnya di bawah.

Dan yang akan kita bahas di sini adalah, bagaimana cara bikin nomor halaman skripsi seperti contoh di atas. Yaitu posisi atas bawah, di halaman awal Bab posisi di bawah-tengah dan di halaman selanjutnya posisi nomor halaman atas – kanan.

Website Rekomendasi: Tips Internet dan Komputer bisa Anda ubek-ubek di Blog Tips Internet dan Komputer.

Cara Membuat Halaman Skripsi Atas Bawah Di Word 2010

Cara ini sebenarnya tidak hanya berlaku di Word 2010 saja, tetapi juga bisa diaplikasikan di Word 2010, 2013 dan versi sesudahnya.

Langsung saja ikuti step-stepnya sebagai berikut…

Pertama, Bikin Section Baru. Sebelum Bab I, dari Pengesahan hingga abstrak, pakai nomor romawi, dengan letak di bawah –tengah. Agar bisa bikin format nomor halaman di awal Bab I yang beda dengan format nomor halaman sebelumnya, awal Bab I harus kita bikin section baru.

Caranya…

  • Letakkan kursor di kata terakhir halaman sebelum Bab I (Halaman Abstrak)
  • Klik PAGE LAYOUT
  • Pilih Breaks
  • Klik Next Page
  • Setelah klik Next Page, halaman awal Bab I sekarang sudah berbeda Section dengan halaman sebelumnya.
  • Sekarang letakkan kursor di bagian atas halaman (header) > Klik kanan mouse > Edit Header > Klik Link to Previous (ini untuk mematikan/ menghilangkan same as previous).
  • Jika “same as previous” sudah hilang, maka sekarang halaman awal Bab I sudah bisa dibikin nomor halaman yang beda format dengan halaman sebelumnya.

Langkah kedua, Bikin halaman atas bawah di Bab I. Awal Bab I, nomor halaman letak di bawah dan halaman berikutnya ada di kanan atas. Angka pakai penomoran angka biasan 1,2,3…

Caranya…

Klik INSERT > Page Number > Top of Page > Plain Number 3. Hasilnya, semua nomor halaman ada di atas – kanan.

Letakkan kursor di Header > Klik kanan mouse > Edit Header > Kemudian di HEADER & FOOTER TOOLS, centang Different First Page.  Ini fungsinya agar halaman awal Bab 1 formatnya bisa dibedakan dengan halaman setelahnya.

Selanjutnya, di Awal Bab 1, arahkan kursor di bagian bawah halaman (footer) > Klik kanan mouse > Edit footer > INSERT > Page Number > Bottom of Page > Plain Number 2. Hasilnya, sekarang posisi nomor halaman di awal Bab I ada di bawah.

Demikianlah Cara Membuat Halaman Skripsi Atas Bawah Di Word 2010. Merasa artikel ini bermanfaat ? silakan share ya kakaaaaaak….