Cara Belajar Agama Dengan Benar

Cara Belajar Agama Dengan Benar

Pertanyaan apa itu, apakah harus dengan cara tertentu untuk mengambil ilmu tentang agama islam, bukankah islam adalah agama yang mudah, dan seharusnya belajar agama bisa kita dilakukan dimana saja dan dari siapa saja.

Tidak seperti itu, islam adalah agama yang mulia, dan ilmu yang harus kita dapatkan juga harus dengan jalan yang benar yang telah di contohkan oleh para ulama terdahulu atau para salafus shalih, lalu bagaimana cara belajar agama yang benar itu?. Tulisan ini di dapat dari sumber https://penaungu.com.

Cara Belajar Agama Di Sertai Dengan Adab

Ilmu agama harus di usahakan dengan mengedepankan adab dan ahlak, jika ilmu agama yang kita peroleh tidak dengan adab maka ilmu yang kita dapatkan menjadi tidak berkah, dan bukannya mendatangkan kebaikan tapi malah sebaliknya akan mendapatkan keburukan.

Adab dalam menuntut ilmu agama islam adalah dengan menunaikan hak hak ilmu. Yaitu memuliakan ilmu, dengan bersungguh sungguh dalam belajar, tidak meremehkan dan tidak bermalas malasan, menghafal ilmu dan mencatat nya, juga berniat untuk mengamalkan ilmu yang kita pelajari.

Lalu mendakwahkan ilmu yang kita punya, tidak usah jauh jauh, dakwahkan kepada keluarga kita dahulu, karena mereka adalah orang yang lebih berhak atas dakwah dari kita.

Adab Belajar

Lalu gunakan adab ketika kita menuntut ilmu, adapun adab ketika kita belajar adalah:

Niat karena Allah, ikhlaskan niat hanya untuk meraih ridho Allah, jangan ada niat untuk di sebut sebagai orang alim dan jangan berniat untuk berdebat.

Membaca doa belajar yang sudah masyhur, atau minimal kita membaca basmalah sebelum memulai belajar.

Simak dan diam ketika guru atau ustadz sedang berbicara, jangan ngobrol dan jangan melamun, karena ini akan mengurangi pemahaman kita terhadap materi yang disampaikan.

Catat ilmu yang kita dapatkan, jangan sampai tertinggal alat tulis kita, karena kalau tidak di tulis, ilmu kita akan lepas seperi lepasnya unta dari kekangan.

Murajaah atau mengulang membaca ilmu yang sudah kita Catat, inilah gunanya menvatat ilmu, kalau tidak di baca lagi apa gunannya catatan ilmu kita.

Membaca doa setelah belajar, agar kita di ampuni atas kelalaian kita saat prosea taklim atau selama belajar agama ini.

Amalkan ilmu yang kita dapatkan, dan inilah point krusialnya, betapa banyak orang yang mempunyai ilmu dan hafalan banyak tapi tidak bisa untuk mengamalkan ilmu tersebut.

Dan mengamalkan ilmu yang kita pelajari adalah hal yang sedikit sulit untuk di realisasikan, hanya dengan rahmat Allah sajalah kita bisa beramal agama. Dan ini juga alasan kenapa sebelum belajar kita di anjurkan untuk terlebih dahulu membaca doa sebelum belajar.