Apa Itu Canyoning? Berikut Penjelasannya Lengkapnya

Apa Itu Canyoning? Berikut Penjelasannya Lengkapnya

Canyoning adalah olahraga yang memadukan adrenalin dan keindahan alam dalam waktu yang sama. Menjelajah aliran sungai dan air terjun, canyoning memungkinkan Anda mendapatkan keseruan dalam petualangan di alam dengan cara yang benar-benar baru. Jadi, jika Anda mencari jenis olahraga outdoor yang menantang dan dapat menyatu dengan alam, canyoning adalah salah satu pilihannya. Lalu apa sebenarnya Canyoning itu dan bagaimana Anda dapat mencobanya?

Apa itu Canyoning?

Canyoning atau juga dikenal dengan nama”gorge walking” mungkin paling baik digambarkan sebagai arung jeram tanpa perahu. Para penjelajah menavigasi, menuruni aliran air terjun dengan cara berenang, melompat, rapeling dan memanjat bebatuan dan fitur unik lainnya di kawasan air terjun. Hobi ini menggabungkan elemen-elemen dari berbagai disiplin ilmu outdoor termasuk rock climbing, abseiling, lompat tebing dan berenang serta membutuhkan pengetahuan dan keterampilan tali temali sebagai safety procedure.

Olahraga canyoning ini biasanya dilakukan di daerah terpencil dan pegunungan di mana air telah memotong pola dan bentuk yang tidak biasa melalui batu. Sebagian besar fokus pada lokasi yang menyenangkan dan indah dengan banyak lompatan besar dan seluncuran air alami yang dapat diakses.

Di Indonesia sendiri, daerah yang paling banyak terdapat perusahaan dan lokasi canyoning antara lain di pulau Dewata, seperti salah satunya Canyoning Bali dan beberapa lainnya. Ada juga di Lombok dan daerah-daerah lainnya. Semua perusahaan canyoning dan lokasi operasionalnya berada di daerah-daerah terpencil dan pegunungan.

Peralatan Apa yang Anda Butuhkan Untuk Pergi Canyoning?

Ada banyak peralatan berbeda yang bisa berguna dalam petualangan ini, tergantung di mana Anda berada dan seberapa keras tingkat kedalaman atau ketinggian air terjun. Secara spesifik selain ada beberapa peralatan penting dari canyoning yang akan berguna pada hampir semua petualangan canyoning diantaranya:

Helm: Canyoning adalah olahraga berbahaya dan risiko cedera selalu ada – helm adalah perlengkapan pertama yang penting yang Anda perlukan untuk berjalan aliran sungai dan air terjun. Pastikan Anda menggunakan model yang dibuat untuk tahan basah dan merupakan warna cerah untuk membuat Anda mudah dikenali di dalam air.

Tali: Bahkan jika Anda tidak merencanakan lombat di air terjun, tali panjat atau juga dikenal dengan nama “carmantel” yang baik akan selalu berguna pada jenis olahraga ekstrim ini. Tali dapat digunakan untuk membantu anggota kelompok yang kurang percaya diri menuruni “ngarai” yang curam dan dapat digunakan untuk menyelamatkan jika diperlukan.

Wetsuit Dan Bantuan Apung: Ketika Anda melakukan canyoning, Anda akan basah kuyup, jadi wetsuit akan melindungi Anda dari dingin masuk dan keluar dari air dan membuat Anda cukup hangat untuk terus berjalan di ngarai. Alat bantu apung juga merupakan ide yang bagus, mengurangi upaya berenang panjang dan menjaga kepala Anda keluar dari air jika Anda mengalami kecelakaan.

sumber : https://canyoningbali.id/