pekerja

5 Cara Menangani Karyawan Yang Tidak Produktif | Efektif Dan Tepat

pekerja kurang produktif

Dalam sebuah perusahaan yang dinamakan kerja produktif amatlah diperlukan karena hal tersebut berdampak pada kemajuan sebuah perusahaan.Dan yang menjadi motor penggerak kemajuan tersebut adalah karyawan, jadi yang dimaksud dengan kerja produktif harus tersemat dalam diri seorang karyawan.

Namun, tidak semua karyawan sama dan tidak semua karyawan bisa produktif dalam bekerja.Ada juga karyawan yang cukup kesulitan untuk mencapai sebuah keproduktivan bekerja dan itu terjadi dengan alasan yang beragam.

Adanya karyawan yang memiliki sikap tersebut tentunya Anda tidak bisa diam saja, Anda perlu bergerak untuk menanganinya dan jangan langsung berpikir untuk memecatnya.

Akan lebih baik jika Anda menangani karyawan tersebut dengan berbagai langkah yang efektif dan tepat.

5 Cara Menangani Karyawan Yang Tidak Produktif

  • Cari Akar Penyebabnya

berbicara dengan karyawan

Ada masalah ada penyebabnya, begitu pula dengan masalah kinerja karyawan Anda yang kurang produktif pasti mereka punya alasan yang Anda tidak tahu dan harus Anda cari tahu.

Jangan langsung mengambil poin sendiri atau meminta pendapat pada karyawan lain, ada baiknya jika Anda berbicara secara privat dengan karyawan yang kurang produktif tersebut.

Tanyakan secara perlahan apa saja masalah yang selama ini menganggunya sehingga membuat mereka kurang produktif.Apabila alasannya adalah hal yang sepele jangan langsung tekan karyawan tersebut, tampilkan wibawa Anda sebagai seorang pemimpin dan buat karyawan Anda bercerita senyaman mungkin.

  • Berikan Motivasi Dan Dorongan

memberikan motivasi

Setelah Anda tahu akar masalah yang menjadi alasan karyawan Anda tidak produktif, maka langkah selanjutnya adalah dengan memberikan dukungan pada karyawan Anda.

Tanyakan apa harapan mereka selama ini, itu bisa menjadi sebuah bahan untuk Anda agar bisa lebih memotivasi mereka.Berikan nasihat yang baik, dan ada baiknya juga jika Anda menjabarkan apa saja baik dan buruk dari tingkah karyawan Anda selama ini.

Hal tersebut dengan perlahan dapat menyadarkan karyawan Anda dan bisa dijadikan sebagai dorongan mereka untuk bisa berubah lebih baik.

  • Berikan Pelatihan

pelatihan karyawan

Cara membangkitkan kembali semangat produktif seorang karyawan tentulah tidak mudah, namun Anda bisa melakukannya dengan cara memberikan pelatihan kepada karyawan Anda.

Tentu saja berubah menjadi lebih baik bukanlah hal yang spontan bisa terjadi begitu saja.Anda bisa memberikan pelatihan kepada karyawan Anda seperti pembelajaran langsung kepada konsultan, atau sistem pelatihan karyawan lainnya.

Yang terpenting dengan tujuan yang sama, yaitu mengasah kembali keproduktifan karyawan Anda.

  • Ikut Berpartisipasi dan Berikan Apresiasi

memberikan apresiasi

Dalam melakukan pelatihan tersebut tentunya karyawan Anda harus membutuhkan semangat dan niat yang kuat agar proses pelatihan dapat berjalan dengan lancar.

Dan dalam pelatihan tersebut Anda juga harus ikut berpartisipasi dengan terus memantau perkembangan karyawan Anda, dengan seperti itu Anda bisa terus melihat seperti apa kemajuan proses pembelajaran tersebut dan seberapa kuat niat karyawan tersebut untuk berubah.

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada karyawan Anda, karena bagaimanapun hasilnya karyawan Anda sudah mau berusaha untuk memperbaiki diri.Selain itu efek dari penghargaan yang diberikan oleh Anda juga dapat membakar semangat yang ada pada diri mereka.

  • Ambil Keputusan Final

keputusan final

Setelah lama rangkaian yang Anda lakukan untuk memperbaiki karyawan Anda, maka Anda bisa langsung mengambil langkah final yaitu akan tetap mempertahankan atau melepaskan.

Itu bisa dilihat dari hasil pantauan Anda selama ini, jika karyawan Anda mengalami peningkatan yang baik, maka Anda bisa tetap mempertahankan karyawan Anda.

Namun jika tetap tidak ada perkembangan seperti yang diharapakan, Anda bisa angkat tangan dengan melepaskan karyawan Anda, tapi sebelum itu ada baiknya jika Anda juga berkonsultasi pada karyawan yang lain mengenai masalah tersebut.

Cukup sekian informasi yang bisa saya sampaikan kepada Anda mengenai cara menangani karyawan yang tidak produktif.Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda untuk menyelesaikan masalah yang merundung karyawan Anda.